MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA INDONESIA DENGAN METODE BERTUKAR PASANGAN PADA SISWA KELAS V SDN SUMENDI III KECAMATAN TONGAS KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Mariyam Mariyam

Abstract

Untuk meningkatkan pemahaman dan menuntaskan materi  maka diperlukan metode dan strategi yang mampu menciptakan situasi yang dapat menumbuhkan motivasi siswa untuk mendalami materi dengan cara yang menyenangkan. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode bertukar pasangan. Metode ini menuntut siswa untuk belajar secara aktif dengan cara bekerja sama dan berkomunikasi antara siswa satu dengan yang lainnya dalam melaksanakan tugas latihan. Hal ini akan memberikan peluang kepada siswa untuk berlatih memahami tentang materi secara menyenangkan, efektif, dan efesien untuk mencapai tujuan pembelajaran.Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar Keragaman Suku Dan Budaya Indonesia setelah diterapkannya metode bertukar pasangan pada siswa kelas V SD Negeri Sumendi III Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020 (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar Keragaman Suku Dan Budaya Indonesia  setelah diterapkan Metode Bertukar Pasangan pada siswa V SD Negeri Sumendi III Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020 . Penelitian ini menggunakan action research sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes buatan guru, dan hasil observasi (pengamatan) yang dilakukan oleh teman sejawat untuk mengetahui dan merekam aktivitas guru dan siswa dalam proses belajar dan mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu siklus I (65,00%), dan siklus II (85,00%).

Published
2021-01-26