PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 2 DRINGU KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Yuyun Wahyu Utami

Abstract

Berdasarkan data hasil belajar IPS siswa kelas VII yang  menunjukkan bahwa prestasi siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah. Penyebab rendahnya prestasi belajar siswa dapat diidentifikasi antara lain karena pembelajaran yang masih monoton sehingga hanya hafal tetapi tidak mengerti/paham terhadap materi pembelejaran. Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah sebuah metode yang dirancang dengan aktif belajar menemukan sendiri apa yang dipelajari. Secara umum penelitian ini bertujuan 1). Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada kualitas proses dan hasil  belajar IPS belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Dringu Kabupaten Probolinggo melalui penggunaan metode Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada masing-masing siklus terdiri dua pertemuan dan dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian menggunakan siswa kelas VII  SMP Negeri 2 Dringu Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo yang berjumlah 30 siswa. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Januari sampai April 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaaan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPS kelas VII SMN Negeri 2 Dringu Kabupaten Probolinggo dapat menigkatkan prestasi belajar siswa yang diamati pada kualitas proses dan hasil belajar siswa. Menurut siswa penggunaan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) menyenangkan dan tidak membosankan.

Published
2021-01-26