PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DAN PRAKTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENJAS ORKES MATERI SENAM DASAR PADA SISWA KELAS IV SDN SUKAPURA II TAHUN PELAJARAN 2018-2019
Abstract
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Penelitian tindakan memiliki karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan bersama-sama antara peneliti dan guru mulai dari proses perencanaan tidakan observasi dan refleksi. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah Penerapan Metode Role Playing dan Praktik untuk Meningkatkan Pembelajaran Penjas Orkes Materi Senam Dasar pada Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2018-2019. Dengan jumlah sampel semua siswa kelas IV sebanyak 23 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus tiap siklus dua pertemuan. Siklus I petemuan pertama tanggal 15 Agustus 2018 dan pertemuan kedua tanggal 22 Agustus 2018 Siklus II petemuan pertama tanggal 29 Agustus 2018 dan pertemuan kedua tanggal 5 September 2018 dengan menggunakan instrument kegiatan siswa dan kegiatan guru dalam pembelajaran, serta instrument hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan II, capaian ketuntasannya mencapai 91,30% lebih besar dari prosentase ketuntasan yang dikehendaki klasikal yaitu sebesar 85%. Peningkatan Persentase hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh peningkatan kegiatan belajar siswa dan peningkatan kegiatan guru (peneliti) dalam pembelajaran. Dari simpulan penelitian ini adalah Metode Role Playing dan Praktik ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Penjas Orkes Materi Permainan Bola Besar pada siswa Kelas IV SDN Sukapura II Tahun Pelajaran 2018-2019. Saran dalam penelitian ini adalah agar dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan maka sebagai guru hendaknya pandai-pandai memilih metode dan strategi agar proses dan hasil belajar menjadi lebih maksimal.