PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMBANGUN BUDAYA DEMOKRASI DALAM MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS XI MA THOYYIB HASYIM KABUPATEN PROBOLINGGO
Abstract
Metode pembelajaran merupakan cara yang dilakukan oleh guru dalam menyampaikan materi kepada siswa.Menurut fakta di MA Thoyyib Hasyim bahwa penerapan metode belajar yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran hanyalah metode ceramah dan tugas saja, sehingga kegiatan belajar membosankan dan siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar. Dari disinilah peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian terhadap penerapan metode problem based learning untuk membangun budaya demokrasi dalam mata pelajaran PPKn siswa kelas XI MA Thoyyib Hasyim Kabupaten Probolinggo. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisis data deskripsi, maka analisis datanya dilakukan selama pengumpulan data. Namun dalam pelaksanaan proses pembelajaran ini masih ada hal-hal yang menjadi kendala diantaranya guru lebih sering menggunakan metode ceramah yang cenderung guru lebih aktif dari pada siswa dan waktu pembelajaran begitu singkat sehingga perlu waktu dan solusi untuk menghadapi persoalan yang diberikan untuk meningkatkan kompetensi dasar siswa. Menyikapi kendala tersebut, perlu adanya solusi untuk menghadapinya. Diantaranya pembiasaan metode problem based learning untuk mengimbangi metode ceramah yang sering digunakan guru. Hal ini agar siswa lebih aktif dan kritis. Perlunya pengawasan untuk mengontrol dan mengevaluasi proses setiap metode pembelajaran khususnya metode pembelajaran problem based learning. Sosialisasi juga diperlukan bagi sekolah untuk lebih mengenal metode problem based learning baik guru maupun siswa dan saling koordinasi dan konsolidasi bagi semua komponen sekolah tersebut agar proses metode problem based learning berjalan dengan baik, maksimal dan sesuai yang diharapkan.