PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG SIFAT MAGNET MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SDN SUMBERCENTENG KECAMATAN KOTAANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Artikel ini berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA materi sifat magnet di kelas V SDN Sumbercenteng Kecamatan Kotaanyar melalui metode demonstrasi dan eksperimen. Hasil observasi awal yang dilakukan di kelas V SDN Sumbercenteng Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo ditemukan permasalahan antara lain: guru menggunakan model pembelajaran dengan cara ceramah yang cenderung hanya transfer informasi tanpa melibatkan keaktifan siswa, siswa lebih cenderung pasif yang terlihat dari 17 siswa kurang dari 50% siswa yang terlihat bersungguh-sungguh dalam belajar, sedangkan siswa yang lain terlihat bergurau dan bosan dengan pembelajaran yang sedang berlangsung,siswa masih malu dan ragu untuk menjawab pertanyaan ataupun mengajukan pendapat,rendahnya tingkat keaktifan dan sikap saling kerjasama antar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian menyebabkan hasil belajar siswa tidak mampu mencapai ketuntasan belajar perorangan maupun ketuntasan klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA tentang sifat magnet di kelas V SDN Sumbercenteng Kecamatan Kotaanyar melalui metode pembelajaran demonstrasi dan eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, tes, dan angket respon siswa. Rata-rata nilai yang di dapat siswa pada siklus I mencapai 68,2% dan pada siklus II mencapai 87,0%. Sedangkan presentase ketuntasan yang dicapai yaitu pada siklus I mencapai 47%, siklus II mencapai 94%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA tentang sifat magnet melalui metode pembelajaran demonstrasi dan eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumbercenteng Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo. Untuk itu diharapkan guru menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dan eksperimen dalam pembelajaran IPA sehingga siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan memperoleh hasil atau nilai yang maksimal.