PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROPES (REVIEW, OVERVIWEW, PRESENTATION, EXCERCISE, SUMMARY) DENGAN PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENGINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X TKJ-A DI SMK MINHAJUD THULLAB MUNCAR

  • Hermin Arista
  • Ary Analisa Rahma

Abstract

Model pembelajaran Ropes (Review, Overview, Presentation, Exercise, dan Summary) dengan pemberian tugas merupakan salah satu teknik belajar mengajar yang dapat meningkatkan daya tangkap siswa dalam mempelajari materi zat dan wujudnya serta dapat meningkatkan prestasi siswa di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar dengan model pembelajaran Ropes (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) dengan pemberian tugas mendapat respon yang baik baik dari guru maupun siswa, hanya sedikit yang mendapat respon kurang baik. Setelah dilaksanakannya pembelajaran menggunakan model Ropes dengan pemberian tugas, didapatkan persentase aktivitas belajar siswa sebesar 83,05% dan untuk ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 81,11%. Selain itu juga terdapat pengaruh pemikiran siswa antara sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Ropes (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) dengan pemberian tugas dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa ke level yang lebih tinggi pada materi zat dan wujudnya.

Published
2021-01-26