PENERAPAN METODE SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS X-AK-I SMK NEGERI 1 KOTAANYAR PROBOLINGGO
Abstract
Tujuannya dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bahwa penerapan pembelajaran dengan metode SQ3RĀ dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman Pada Siswa Kelas X-AK-I SMK Negeri 1 Kota anyar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan 2 siklus yakni penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki suatu keadaan pembelajaran di kelas dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu. Penerapan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada siswa. Kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X-AK-I SMKN I Kota anyar mengalami peningkatan Pada siklus I Kategori identifikasi sumber informasi total skor akumulatifnya 70 pada siklus II meningkat menjadi 95 peningkatannya sebesar 25 point, kategori menemukan informasi dari bacaan total skor akumulatifnya 70 pada siklus II meningkat menjadi 100 peningkatannya sebesar 30 point, kategori ketiga membuat catatan pokok (inti) total skor akumulatifnya 50 pada siklus II meningkat menjadi 90 peningkatannya sebesar 40 point, kategori kemampuan menerangkan saat presentasi total skorakumulatifnya 70 padasiklus II meningkatmenjadi 95 peningkatannya sebesar 25 point, kategori penggunaan bahasa total skor akumulatifnya 65 padasiklus II meningkat menjadi 95 peningkatannya sebesar 30 point. Perolehan ini menunjukkan bahwa pembelajaran metode SQ3R dapat meningkatkan membaca pemahaman siswa kelas X-AK-I Pada mata pelajaran Bahasa.Hasil belajar siswa secara keseluruhan dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 61,25 (2) pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 78,43 sehingga dapat disimpulkanĀ bahwa dengan menggunakan metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 18,43.