PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI SURVEY, QUESTION, READ, RECORD, RECITE (SQ4R) SISWA KELAS V SDN KLENANG LOR 1 KECAMATAN BANYUANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah kondisi nyata pembelajaran yang ada di MIN 2 Probolinggo yang sebagian siswa sudah menggunakan smartphone berbasis android dimana salah satu alternatif yang di gunakan sebagai sarana media pembelajaran daring. Dengan adanya pandemi ini mau tidak mau guru di tuntut untuk menggunakan pembelajara online dan tidak di perkenankan melakukan pembelajaran tatap muka seperti biasa. Oleh sebab itu penggunaan smartphone sangat berperan dan guru harus menguasai berbagai macam aplikasi yang berguna sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan dan disesuaikan dengan materi pelajaran di sekolah. Pembelajaran tatap muka masih menggunkana dan berpedoman pada media pembelajaran buku, LKS, modul atau buku paket yang terdiri dari ratusan lembar halaman sehingga mengakibatkan kejenuhan siswa dalam membaca dan memahami pelajaran. Buku dan modul mudah sekali rusak dan tidak dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama sehingga diperlukan teknologi dalam mengembangkan media pembelajaran yang bervariasi dan dapat di gunakan oleh guru dan siswa selama pembelajaran daring berlangsung.