PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS – ACHIEVMENT DIVISION)

  • Didit Yulian Kasdriyanto
  • Ryzca Siti Qomariyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Kota Probolinggo dalam pembelajaran IPA  dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team – Achievment Division). Adapun jumlah siswa kelas V terdiri dari 22 siswa dengan rincian siswa laki-laki berjumlah 14 dan siswi perempuan berjumlah 8. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus adapun tahapan dalam melakukan penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh pada penelitian yaitu (1) Hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkat yaitu  dapat dilihat dari hasil pratindakan siswa yaitu hanya 8 siswa (37%) mendapat nilai tuntas. Pada siklus 1 mengalami sedikit peningkatan yaitu terdapat 11 siswa (50%) mendapat nilai belum tuntas dan 11 siswa (50%) mendapat nilai tuntas. Pada siklus ke 2 juga mengalami peningkatan hasil belajar yaitu terdapat 17 siswa (77%) mendapat nilai tuntas. (2) Hasil belajar ranah afektif juga meningkat yaitu dapat dilihat dari hasil skor pratindakan yaitu 5 siswa (23%) mendapat skor sangat baik, Pada siklus 1 hasil belajar afektif siswa meningkat yaitu 18 siswa (82%) mendapat skor sangat baik. Pada siklus 1 mengalami peningkatan yaitu terdapat 6 siswa (27%) mendapat skor sangat baik . Pada siklus 2 juga mengalami peningkatan hasil belajar yaitu terdapat 17 siswa (77%) mendapat skor sangat baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor.

Published
2020-07-09