PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING GUNA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI TATA SURYA PADA SISWA KELAS VI SDN MALASAN KULON II LECES PROBOLINGGO

  • Andik Isnarto

Abstract

Pembelajaran IPAKelas VI tentang Tata Suryahasil yang masih jauh dari harapan. Diketahui penyebab siswa kurang menguasai materi yang diajarkan adalah :Siswa tidak tertarik pada mata pelajaran IPA dan suasana yang membosankan, guru menjelaskan materi secara singkat, siswa kurang mampu memahami materi. Dengan penggunan Model  Snowball Throwingpada Pelajaran IPA Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian Penelitian. Pengembangan program didasarkan data-data dan informasi siswa, Guru secara alamiah melalui tahapan penelitian Berdasarkan pembahasan dan analisis maka didapat kesimpulan bahwa penggunaan Model  Snowball Throwingdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam  memahami dan menguasai materi tata surya. Hal ini terbukti dengan kelancaran proses belajar dikelas serta ketepatan siswa dalam mengerjakan lembar kerja dan ketuntasan siswa yang didapat cukup memuaskan dari siklus I nilai yang baik didapat siswa mencapai 20.51% sebanyak 8siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM dan pada siklus II nilai yang  baik mencapai 97.43% yaitu siswa yang mencapai KKM, sehingga proses kegiatan belajar siswa lebih efisien , efektif  dan berhasil dilaksanakan dikelas VI semester II tahun pelajaran 2018/2019 SDN Malasan Kulon I Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan Model  Snowball Throwing dengan berbagai bentuknya dapat membantu siswa untuk lebih mudah belajar mata pelajaran IPA..

Published
2019-07-29