UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI EKOSISTEM DENGAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS VI SDN TIGASAN WETAN III KECAMATAN LECES KABUPATEN PROBOLINGGO
Abstract
Pembelajaran IPA Kelas VI tentang keseimbangan ekosistem hasil yang masih jauh dari harapan. Diketahui penyebab siswa kurang menguasai materi yang diajarkan adalah : Siswa tidak tertarik pada mata pelajaran IPA, peneliti menjelaskan materi secara singkat, siswa kurang mampu memahami materi. Dengan penggunan metode quantum learning pada Pelajaran IPA Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan data-data dan informasi siswa, Peneliti secara alamiah melalui tahapan penelitian Berdasarkan pembahasan dan analisis maka didapat kesimpulan bahwa penggunaan metode Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami materi ekosistem. Hal ini terbukti dengan kelancaran proses belajar dikelas serta ketepatan siswa dalam mengerjakan lembar kerja dan ketuntasan siswa yang didapat cukup memuaskan dari 13 siswa hasil siklus I nilai yang baik didapat mencapai 30,76,61% sebanyak 4 siswa dan pada siklus II nilai yang baik mencapai 92,30 % Sebanyak 12 siswa berhasil dilaksanakan dikelas VI semester I tahun pelajaran 2018/2019 SDN Tigasan Wetan III Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan hasil penelitian, metode Quantum Learning dengan berbagai bentuknya dapat membantu siswa untuk lebih mudah belajar mata pelajaran IPA.