UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DENGAN MODEL POINT-COUNTERPOINT PELAJARAN PKn DI SDI NURUL HIDAYAH KEC. KADEMANGAN KEL.TRIWUNG KIDUL KOTA PROBOLINGGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Point-Counterpoint pada pembelajaran PKn. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDI Nurul Hidayah Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang dan objek penelitiannya adalah motivasi dan hasil belajar PKn. Data motivasi dikumpulkan melalui lembar kuesioner. Metode yang di gunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar menggunakan metode tes berupa tes hasil belajar. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan metode analisis statistik untuk mencari ketuntasan siswa secara klasikal dan persentase tingkat hasil belajar. Peningkatan motivasi pada siklus I sebesar 60 % dan pada siklus II sebesar 87 % termasuk dalam katagori termotivasi. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67 % dan pada siklus II sebesar 83 %. Berarti telah terjadi peningkatan hasil belajar PKn termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan data tersebut penerapan model pembelajaran Point-Counterpoint pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn.