UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS III SDN JATIADI I KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO
Abstract
Artikel ini berdasarkan hasil penelitian yang bertujuan untuk meningkatan hasil belajar tema Perkembangan Teknologi di kelas III SDN Jatiadi I Probolinggo melalui metode pembelajaran demonstrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tema Perkembangan Teknologi melalui model pembelajaran Think Pair Share TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Jatiadi I Probolinggo. Untuk itu diharapkan guru menggunakan model pembelajaran Think Pair Share TPS dalam pembelajaran tema sehingga siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan memperoleh hasil yang maksimal.