UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN METODE GLOBAL
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas atau Clasroom Action Research (CAR), merupakan penelitian tindakan yang memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan bersama-sama peneliti dan guru pengamat mulai dari proses perencanaan, tidakan, observasi dan refleksi, maka jenis penelitian ini yang saya terapkan. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah Keterampilan Menyelesaikan Masalah Membaca dan Menulis Permulaan Dengan Metode Global Pada Siswa Kelas I SD Negeri Jetak Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan jumlah sampel semua siswa Kelas I sebanyak 17 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dan tiap siklus dua pertemuan, Siklus I pertemuan pertama tanggal 20 Oktober 2018 dan pertemuan kedua tanggal 22 Oktober 2018. SiklusII pertemuan pertama tanggal 10 November 2018 dan pertemuan kedua tanggal 12 November 2018. Instrumen kegiatan menggunakan instrument kegiatan siswa dan instrumen kegiatan guru dalam pembelajaran, serta instrument hasil belajar siswa.Hasil penelitian menggunakan Metode Globaldengan memperhatikan langkah-langkah pembelajaran yang benar maka dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar dan mengelola pembelajaran bagi guru serta adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus berikutnya, secara klasikaltingkat ketuntasannya mencapai 88,24% lebih besar dari prosentase ketuntasan yang dikehendaki klasikal yaitu sebesar 85%, berarti pembelajaran berjalan dengan baik dan hasil belajar siswa meningkat dengan baik. Untuk itu disarankan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar hendaknya memilih metode yang tepat seperti Metode Global,agar hasil belajar serta kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik.