UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN TINGKAT PUSAT DAN DAERAH MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIV LEARNING TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SDN SUMBERBULU I, KECAMATAN TEGALSIWALAN

  • Wiwik Wiwik

Abstract

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah atau School Action Research (SAR). Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan bersama-sama antara peneliti dan guru mulai dari proses perencanaan tidakan observasi dan refleksi. Permasalahan yang dibahas pada penelitian  ini adalah Upaya Meningkatkan Pemahaman tentang Peraturan perundang-undangan tingkat Pusat dan daerah melalui Pembelajaran Cooperativ Learning Tipe STAD pada siswa Kelas V SDN Sumberbulu I , Kecamatan Tegalsiwalan   . Dengan jumlah sampel semua siswa kelas V SDN Sumberbulu I  sebanyak 25 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument penelitian aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan juga instrument hasil pembelajaran yang berupa test kemudian dianalisis sesuai dengan indikator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan tentang Pemahaman siswa terhadap  Peraturan perundang-undangan tingkat Pusat dan daerah melalui Pembelajaran Cooperativ Learning tipe STAD pada siswa Kelas V SDN Sumberbulu I , Kecamatan Tegalsiwalan   

Published
2021-07-16