MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI FOTOSINTESIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI
Abstract
Artikel ini didasarkan pada Penelitian yang dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau Clasroom Action Research (CAR). Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan bersama-sama peneliti dan guru pengamat mulai dari proses perencanaan tidakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: “Bagaimana meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Fotosintesis Dengan Model Pembelajaran Inquiri pada Siswa Kelas VI Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019?” dengan jumlah sampel semua siswa kelas VI sebanyak 27 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan Instrument Aktivitas Siswa, Instrumen Aktivitas Guru, serta instrument indicator keberhasilan pencapaian kompetensi hasil belajar siswa. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus 1 dan Siklus 2 yaitu, siklus 1 (55,56%) dan siklus 2 (88,89%). Dari Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Inquiri dapat digunakan salah satu alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Untuk itu disarankan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar hendaknya memilih metode yang tepat seperti Model Pembelajaran Inquiri agar hasil belajar serta kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik