EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIRTUAL LAB PHET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Pembelajaran yang dilakukan secara online masih menjadi pilihan yang diterapkan oleh pemerintah untuk menekan penularan covid-19. Kegiatan belajar dari rumah (BDR) berbasis video conference dengan beragam macam pilihan mulai digunakan guru sebagai sarana pembelajaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan virtual lab PhET dalam pembelajaran Fisika terhadap hasil belajar selama siswa belajar secara online. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan Quasi Experimental – Non-equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP N 8 Pasuruan. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 34 orang. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan N-Gain dan Uji-t pada dua kelompok sampel. Hasil analisis data menunjukkan N-Gain pada kelas eksperimen adalah 64,1%, sedangkan N-Gain pada kelas kontrol adalah 50,3%. Uji-t pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran online berbantuan media virtual lab PhET dengan siswa yang hanya mengikuti pembelajaran online.