PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO TERHADAP PEMBELAJARAN DARING MELALUI ZOOM CLOUD MEETING

  • Hermin Arista

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa program studi Teknik Elektro terhadap pembelajaran daring melalui zoom cloud meeting. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Panca Marga semester 2 Tahun Ajaran 2020/2021. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yang hanya berfokus pada mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Matematika Teknik, yakni sebanyak 46 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik dan deskriptif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Data dikumpulkan dengan menyebarkan angket kuesioner dengan 14 item pernyataan secara daring melalui aplikasi google form dan wawancara mendalam kepada beberapa mahasiswa untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa, (1) pada kriteria kompetensi dosen pada pembelajaran daring melalui zoom cloud meeting, mahasiswa menyatakan bahwa dosen menyampaikan materi secara jelas dan terstruktur sesuai dengan kontrak perkuliahan/RPS (62,2%); memberikan kesempatan mahasiswa untuk bertanya dan berdiskusi (75,2%); memberikan penjelasan yang mudah dipahami ketika ada pertanyaan yang muncul (53,4%); dan selalu menemani proses pembelajaran secara daring hingga selesai (67,2%), (2) pada kriteria proses belajar mengajar pada pembelajaran daring melalui zoom cloud meeting, pelaksanaan perkuliahan dapat diakses secara mudah (54%); presentasi tugas dapat dilaksanakan dengan lancar (49,4%); proses pembelajaran meningkatkan aktivitas belajar (misalnya, bertanya; menjawab; mencatat; berdiskusi; mengerjakan soal dll) (43,7%); komunikasi antara mahasiswa degan dosen dapat terjalin dengan baik (66,4%); serta pelaksanaan pembelajaran dimulai dan diakhiri sesuai waktu yang dijadwalkan (56,1%), dan (3) pada kriteria sarana dan prasarana pada pembelajaran daring melalui zoom cloud, mereka mendapatkan materi perkuliahan secara lengkap (42,8%); mempunyai perangkat yang memadai dalam mengikuti pembelajaran (50,5%); mempunyai koneksi internet yang stabil dalamĀ  mengikuti pembelajaran (44,7%); tidak mengalami kendala dalam proses belajar (53,8%); dan siap mengikuti pembelajaran daring setiap hari (40,2%).

Published
2021-07-16