MASALAH-MASALAH PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SEKOLAH DASAR

(STUDI KASUS DI SDN TANJUNGREJO 5 KOTA MALANG)

  • Ludfi Arya Wardana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengidentifkasi permasalahan persiapan pembelajaran tematik di kelas III Sekolah Dasar; (2) mengidentifikasi  permasalahan pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas III Sekolah Dasar; dan (3) mengidentifikasi permasalahan penilaian pembelajaran tematik di kelas III Sekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.  Jenis penelitian adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, wawancara, dokumentasi untuk mengidentifikasi permasalahan dalam pembelajaran tematik di kelas III SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa guru kelas III SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang mengalami permasalahan dalam persiapan pembelajaran tematik, pelaksanaan pembelajaran tematik, hingga penilaian pembelajaran tematik. Merujuk dari hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa guru kelas III SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang mengalami permasalahan dalam persiapan pembelajaran tematik, pelaksanaan pembelajaran tematik, hingga penilaian pembelajaran tematik.Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka disarankan agar Sekolah dan Dinas Pendidikan Kota Malang mengadakan pelatihan-pelatihan tentang pembelajaran tematik. Selain itu guru kelas III harus berpedoman pada: ketentuan-ketentuan pembelajaran tematik, silabus tematik, tingkat perkembangan siswa dan lingkungan sekitar siswa.

Published
2018-09-18