Penerapan Metode Pengamatan Langsung Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN Malasan Wetan 02 Kecamatan Tegal Siwalan Kabupaten Probolinggo

  • Didit Yulian Kasdriyanto

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN Pendem 02. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti, siswa kurang bisa mengembangkan ide pengimajian untuk dituangkan ke dalam karyanya, di samping itu kemampuan siswa dalam penggunaan kata dalam penulisan puisi juga kurang. oleh sebab itu diperlukan adanya metode yang lebih baik dalam pembelajaran, diantaranya adalah peneraan metode Pengamatan Langsung.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran menulis puisi melalui metode Pengamatan Langsung pada siswa kelas V SDN Pendem 02 Kecamatan Tegal Siwalan Kabupaten Probolinggo, (2) Mendekripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi kelas V SDN Pendem 02 Kecamatan Tegal Siwalan Kabupaten Probolinggo melalui metode Pengamatan Langsung.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan PTK ini terdiri dari 2 siklus dan setiap tindakan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.

Penerapan metode Pengamatan Langsung dalam pembelajaran yaitu (a) siswa melakukan pengamatan terhadap objek wisata (b) siswa membuat puisi dengan tema bebas berdasarkan metode Pengamatan Langsung melalui pengamatan objek langsung (c) siswa mengumpulkan kosakata dari pengamatan objek secara langsung (d) siswa melanjutkan membuat kumpulan kalimat dari kosakata yang diperoleh sesuai dengan hasil pengamatan siswa, dan seterusnya sampai menjadi puisi utuh. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis puisi sebelum tindakan memperoleh nilai rata-rata 56,8. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan menulis puisi siswa kelas V meningkat menjadi 59,1 peningkatan nilai rata-ratanya adalah 2,3 (4,04%). Setelah itu dilaksanakan siklus II, hasilnya menunjukkan peningkatan nilai rata-rata menjadi 81,2, peningkatan yang terjadi dari siklus I ke Siklus II adalah 22,1 (37,3%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Pengamatan Langsung dapat meningkatkan kemampuan siswa Kelas V SDN Pendem 02 dalam menulis puisi. Saran yang diberikan peneliti kepada para guru dan peneliti lain adalah (1) Guru hendaknya didalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran dan metode yang bervariasi supaya tidak membosankan siswa, guru seharusnya dapat membiasakan siswanya untuk mempelajari lingkungan sekitar sebagai pelengkap belajar bahasa Indonesia atau mata pelajaran lainnya. (2) penerapan metode Pengamatan Langsung perlu dikembangkan lebih lanjut dan lebih bervariasi untuk memperbaiki kekurangan agar memperoleh hasil yang maksimal.

Published
2014-07-24