PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA POKOk BAHASAN DAUR AIR BERBASIS WHOLE BRAIN TEACHING DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA KELAS V SDN JEMBER LOR 04

  • Ghestika Risdianty
  • Dafik Dafik
  • Tri Dyah Prastiti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran pokok bahasan daur air berbasis Whole Brain Teaching dan menghasilkanĀ  perangkat pembelajaran pokok bahasan daur air berbasis Whole Brain Teaching untuk mengetahui adakah peningkatan daya ingat siswa dengan pengembangan perangkat pembelajran yang berbasis Whole Brain Teaching.Penelitian ini menggunakan metode 4D dari Thiaragajan..Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalampenelitian ini adalah peserta didik kelas 5 SDN Jember Lor 04 Jember yang terdiri dari dua kelas sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.Meningkatnya daya ingat siswa ditentukan melalui data pretest dan postest sebelum dan sesudah dilaksanakan penerapan pembelajaran Whole Brain Teaching. Ukuran pengaruh penerapan pembelajaran dan penguasaan konsep siswa dengan Whole Brain Teaching dihitung setelah melakukan uji t. pretest dan uji-t perbedaaan pretes-postes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan daya ingat siswa antara kelompok yang diajar dengan Whole Brain Teaching yang menunjukkan hasil kelas eksperimen yang diajar menggunakan Whole Brain Teaching memiliki daya ingat lebih baik dari kelompok kontrol

Published
2021-07-16