TINGKAT KEBERHASILAN FKIP-UPM PROBOLINGGO DALAM MENCETAK CALON GURU PROFESIONAL DENGAN EMPAT KOMPETENSI DASAR GURU TAHUN AKADEMIK 2008/2009-2011/2012

  • Ngatimun Ngatimun

Abstract

Mengacu pada UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen merupakan tugas FKIP untuk

mencetak dan melahirkan output guru profesional dan harus banyak upaya yang untuk direalisasikan demi

meningkatkan mutu lulusan dan meminimalisir kestatisan hasil daripada lulusan FKIP.

Berdasarkan data di lapangan sampai tahun 2011 bahwa di FKIP Universitas Panca Marga Probolinggo

masih ada beberapa hal terencana yang belum direalitaskan sebagai upaya dalam meningkatkan mutu

karena banyak kendala yang dihadapi.

Dari konteks permasalahan yang terjadi maka penelitian ini difokuskan pada empat pokok masalah:

(1) bagaimana gambaran umum keberhasilan FKIP-UPM Probolinggo dalam mencetak calon guru

profesional dengan empat kompetensi dasar guru tahun akademik 2008/2009-2011/2012, (2) gambaran

kegagalannya, (3) upaya yang dilakukan, dan (4) kendala apa saja yang dihadapi.

Adapun yang menjadi tujuan penelitia ini adalah untuk mengetahui, menemukan, dan mendeLaporan

Penelitiankan secara mendalam tentang bagaimanakah gambaran umum keberhasilan, kegagalan FKIP-

UPM Probolinggo dalam mencetak calon guru profesional dengan empat kompetensi dasar guru, dan apa

saja upaya serta kendala yang dihadapi dalam proses tersebut di tahun akademik 2008/2009-2011/2012.

Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan

dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis interaksi dan disajikan dalam

bentuk tema.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan FKIP-UPM Probolinggo dalam mencetak calon guru

profesional dengan empat kompetensi dasar guru berada dalam tingkat yang relatif baik dengan upaya-

upaya yang dilakukan dan hasil yang signifikan.memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan

penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian

Published
2018-09-18