TINGKAT KEBERHASILAN FKIP-UPM PROBOLINGGO DALAM MENCETAK CALON GURU PROFESIONAL DENGAN EMPAT KOMPETENSI DASAR GURU TAHUN AKADEMIK 2008/2009-2011/2012
Abstract
Mengacu pada UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen merupakan tugas FKIP untuk
mencetak dan melahirkan output guru profesional dan harus banyak upaya yang untuk direalisasikan demi
meningkatkan mutu lulusan dan meminimalisir kestatisan hasil daripada lulusan FKIP.
Berdasarkan data di lapangan sampai tahun 2011 bahwa di FKIP Universitas Panca Marga Probolinggo
masih ada beberapa hal terencana yang belum direalitaskan sebagai upaya dalam meningkatkan mutu
karena banyak kendala yang dihadapi.
Dari konteks permasalahan yang terjadi maka penelitian ini difokuskan pada empat pokok masalah:
(1) bagaimana gambaran umum keberhasilan FKIP-UPM Probolinggo dalam mencetak calon guru
profesional dengan empat kompetensi dasar guru tahun akademik 2008/2009-2011/2012, (2) gambaran
kegagalannya, (3) upaya yang dilakukan, dan (4) kendala apa saja yang dihadapi.
Adapun yang menjadi tujuan penelitia ini adalah untuk mengetahui, menemukan, dan mendeLaporan
Penelitiankan secara mendalam tentang bagaimanakah gambaran umum keberhasilan, kegagalan FKIP-
UPM Probolinggo dalam mencetak calon guru profesional dengan empat kompetensi dasar guru, dan apa
saja upaya serta kendala yang dihadapi dalam proses tersebut di tahun akademik 2008/2009-2011/2012.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis interaksi dan disajikan dalam
bentuk tema.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan FKIP-UPM Probolinggo dalam mencetak calon guru
profesional dengan empat kompetensi dasar guru berada dalam tingkat yang relatif baik dengan upaya-
upaya yang dilakukan dan hasil yang signifikan.memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan
penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian