MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGENAL LEMBAGA-LEMBAGA NEGARA DI TINGKAT PUSAT MELALUI METODE INQUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TUNGGAKCERME KECAMATAN SUMBERASIH

  • Kusudi Harsono

Abstract

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian tindakan Kelas atau School Action Research (SAR). Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan bersama-sama peneliti guru pengamat mulai dari proses perencanaan tidakan observasi dan refleksi. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal lembaga-lembaga negara tingkat pusat melalui metode inquiri terbimbing pada siswa kelas IV SDN Kedungsupit , denngan jumlah sampel 29 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument kegiatan guru,instrumen kegiatan siswa, serta instrument indicator keberhasilan pencapaian kompetensi hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa,aktivitas kegiatan mengajar guru (peneliti) dan peningkatan hasil belajar siswa Untuk itu disarankan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar hendaknya memilih metode yang tepat seperti inquiri dengan tujuan agar hasil belajar siswa bisa meningkat.

Published
2018-09-11