PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE

  • Ary Analisa Rahma Universitas Panca Marga
  • Hermin Arista Universitas Panca Marga

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa dalam materi elastisitas dan hukum Hooke dengan model experiential learning. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan quasi experimental design. Desain eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan melibatkan 38 siswa SMA kelas XI. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan 20 butir soal tes pilihan ganda. Analisis data penelitian menggunakan uji-t dan N-Gain pada dua kelompok sampel. Hasil tes menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara penerapan pembelajaran dengan model experiential learning dan kelas konvensional. Peningkatan penguasaan konsep terjadi melalui penerapan pembelajaran dengan model experiential learning, hasil N-Gain skor setelah pengujian adalah 65,67 termasuk dalam kategori cukup efektif.

Published
2022-02-03