PENERAPAN TEKNOLOGI TUR VIRTUAL TUR DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMK MINHAJUT THULLAB MENGGUNAKAN MOODLE DAN H5P

  • Lukman Hakim Universitas Proklamasi 45
  • Imam Hidayat Universitas Bakti Indonesia
  • Dian Rizki Nur Amalia Universitas Bakti Indonesia

Abstract

Pandemi Covid-19 mengharuskan dunia pendidikan bertransofrmasi ke bentuk digital. Namun banyak yang mengartikan transformasi tersebut hanya sekedar memindah kelas tatap muka ke bentuk daring. Akibatnya proses pembelajaran menjadi melelahkan dan membosankan bagi siswa. Salah satu mata pelajaran yang mengalami masalah saat pandemi adalah sejarah. Materi pembelajaran yang disajikan melalui presentasi dan buku cetak, interaksi siswa dengan materi pembelajaran sangat minim. Oleh karena itu pada penelitian ini dibuat sistem tur virtual yang memungkinkan siswa seolah-olah berada pada tempat bersejarah, dan melihat tempat disekelilingnya. Sistem tersebut dibuat berbasiskan Moodle dan H5P.Sistem tur virtual tur ini juga telah terintegrasi dengan sistem penilaian. Hasil pengujian menyatakan bahwa sistem ini ampu diakses 60 pengguna aktif secara bersamaan. Hasil survei juga menyatakan bahwa 97,5% responden merasa lebih mudah memahami materi pembelajaran dengan menggunakan tur virtual ini.

Published
2022-02-03