LANDASAN FILOSOFIS PENDIDIKAN

  • Abdul Halim

Abstract

Landasan-landasan pendidikan dan pembelajaran adalah asumsi, atau gagasan, keyakinan, dan prinsip

yang dijadikan titik tolak atau pijakan dalam rangka berpikir atau melakukan praktik pendidikan dan

pembelajaran. Landasan-landasan pendidikan yang harus dikuasai oleh seorang guru meliputi landasan-

landasan : Filosofis, Historis, Politik, Ekonomi, Psikologis, Sosiologis, Antropologis, dan Komparatif.

Dalam konteks ini pendidikan dapat dimaknai berbeda-beda sesuai dengan prinsip-prinsip yang dijiwai

dari masing-masing landasan ini.

Tulisan ini disusun tidak untuk membahas secara keseluruhan landasan pendidikan dan pembelajaran

dimaksud dalam satu kali penerbitan, karena keterbatasan kolom yang tersedia. Melainkan akan disajikan

satu demi satu dari masing-masing landasan itu untuk setiap kali penerbitan. Dan untuk kesempatan

pembahasan pertama adalah mendeskripsikan Landasan Filosofis Pendidikan. Karya ilmiah ini dihasilkan

dengan melakukan studi deskriptif atas sumber-sumber yang membahas mengenai Landasan Filosofis

Pendidikan. Fokus dari tulisan ini adalah deskripsi mengenai Landasan Filosofis Pendidikan, yakni

makna Filosofi (Filsafat), cabang-cabang atau terminologi khusus Filosofi (Filsafat), Filosofi (Filasafat)

Pendidikan, Teori Pendidikan.

Diharapkan pembahasan ini dapat bermanfaat bagi para sivitas akademika UPM Probolinggo,

khususnya Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang sedang menempuh mata

kuliah Profesi Keguruan.

Published
2018-09-18