LANDASAN FILOSOFIS PENDIDIKAN
Abstract
Landasan-landasan pendidikan dan pembelajaran adalah asumsi, atau gagasan, keyakinan, dan prinsip
yang dijadikan titik tolak atau pijakan dalam rangka berpikir atau melakukan praktik pendidikan dan
pembelajaran. Landasan-landasan pendidikan yang harus dikuasai oleh seorang guru meliputi landasan-
landasan : Filosofis, Historis, Politik, Ekonomi, Psikologis, Sosiologis, Antropologis, dan Komparatif.
Dalam konteks ini pendidikan dapat dimaknai berbeda-beda sesuai dengan prinsip-prinsip yang dijiwai
dari masing-masing landasan ini.
Tulisan ini disusun tidak untuk membahas secara keseluruhan landasan pendidikan dan pembelajaran
dimaksud dalam satu kali penerbitan, karena keterbatasan kolom yang tersedia. Melainkan akan disajikan
satu demi satu dari masing-masing landasan itu untuk setiap kali penerbitan. Dan untuk kesempatan
pembahasan pertama adalah mendeskripsikan Landasan Filosofis Pendidikan. Karya ilmiah ini dihasilkan
dengan melakukan studi deskriptif atas sumber-sumber yang membahas mengenai Landasan Filosofis
Pendidikan. Fokus dari tulisan ini adalah deskripsi mengenai Landasan Filosofis Pendidikan, yakni
makna Filosofi (Filsafat), cabang-cabang atau terminologi khusus Filosofi (Filsafat), Filosofi (Filasafat)
Pendidikan, Teori Pendidikan.
Diharapkan pembahasan ini dapat bermanfaat bagi para sivitas akademika UPM Probolinggo,
khususnya Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang sedang menempuh mata
kuliah Profesi Keguruan.