STUDI KASUS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IV SDN PISANG CANDI II KOTA MALANG
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV SD Pisang Candi II. Untuk mendeskripsikan masalah-masalah
yang menjadi hambatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV SD Pisang Candi II.
Untuk mendeskripsikan solusi yang dilakukan oleh sekolah dalam menyelesaikan permasalahan
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV SD Pisang Candi II.
Data dikumpulkan dengan analisis wawancara dan observasi, dan dianalisis dengan teknik deskriptif
kualitatif. Hasil penelitian ini adalah dalam hal perencanaan pembelajaran guru tidak selalu membuat
perencanaan pembelajaran terlebih dahulu. Padahal seorang guru sebelum menyampaikan materi harus
membuat perencanaan pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran guru hanya menggunakan metode
ceramah dan tidak dapat menggunakan media secara optimal. Penilaian yang dilakukan guru tidak dapat
menyeluruh, karena guru tidak membuat terlebih dahulu format penilaian