STUDI KASUS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IV SDN PISANG CANDI II KOTA MALANG

  • Ludfi Arya Wardana

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran

Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV SD Pisang Candi II. Untuk mendeskripsikan masalah-masalah

yang menjadi hambatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV SD Pisang Candi II.

Untuk mendeskripsikan solusi yang dilakukan oleh sekolah dalam menyelesaikan permasalahan

pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV SD Pisang Candi II.

Data dikumpulkan dengan analisis wawancara dan observasi, dan dianalisis dengan teknik deskriptif

kualitatif. Hasil penelitian ini adalah dalam hal perencanaan pembelajaran guru tidak selalu membuat

perencanaan pembelajaran terlebih dahulu. Padahal seorang guru sebelum menyampaikan materi harus

membuat perencanaan pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran guru hanya menggunakan metode

ceramah dan tidak dapat menggunakan media secara optimal. Penilaian yang dilakukan guru tidak dapat

menyeluruh, karena guru tidak membuat terlebih dahulu format penilaian

Published
2018-09-18