PENINGKATAN NILAI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE DRILL METHOD

  • Edy Purnomo

Abstract

Buat siswa yang masih belum hafal perkalian dan kurang memahami matematika, rumus-rumus dasar

matematika, pastilah anak akan menemui kesulitan. Matematika merupakan mata pelajaran yang bersifat

abstrak sehingga dituntut kemampuan guru untuk dapat menggunakan metode yang sesuai dengan tingkat

perkembangan mental siswa.

Proses pembelajaran kontekstual salah satu proses pembelajaran pilihan yang tepat bagi peneliti untuk

membantu siswa dalam belajar matematika dengan harapan dapat memecahkan masalah dan menemukan

teori baru terhadap kesulitan-kesulitan yang dialaminya.

Drill Method dapat digunakan guru saat melatih siswa menulis, melafalkan huruf, membuat dan

menggunakan peralatan, melakukan operasi hitung perkalian, penjumlahan, pengurangan, pembagian,

membaca tanda-tanda/simbol.

Published
2018-09-18