Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy <p>Jurnal Pedagogy merupakan Jurnal yang mengkaji tentang hasil penelitian dilingkup Pendidikan<br>Jurnal Pedagogy terbit enam bulan sekali pada bulan Januari dan Juli.</p> en-US pedagogy@upm.ac.id (LUDFI ARYA WARDANA) pedagogy@upm.ac.id (pedagogy) Mon, 29 Jan 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENERAPAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VI SDN LUMBANG I https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1871 <p>Penelitian ini membahas bagaimana meningkatkan kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat melalui video interaktif pada mata pelajaran&nbsp; Matematika di kelas VI. Adapun tujuan penelitian ini adalah pertama, Mendiskripsikan penerapan video interaktif pada siswa kelas VI SDN Lumbang I Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo. Kedua mendiskripsikan peningkatan hasil belajar menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat setelah pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan video interaktif pada siswa kelas VI SDN Lumbang I Kecamatan Lumbang Kabupaten. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Karena obyek dan sasaran yang diharapkan berada dan terjadi di dalam kelas. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Tiap siklus menggunakan alur tahapan (perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi). Berdasarkan hasil penelitian dan berdasarkan data yang dikumpulkan menunjukkan adanya peningkatan yang sangat signifikan dalam menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui video interaktif&nbsp; dapat meningkatkan kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat pada siswa kelas VI SDN Lumbang I Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> <em>Video Interaktif, Hasil Belajar Matematika.</em></p> Fajrin Kuffa Adhadi ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1871 Mon, 29 Jan 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI PURUT I KECAMATAN LUMBANG KABUPATEN PROBOLINGGO https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1872 <p>Rendahnya kemampuan membaca khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Negeri Purut I Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo menjadi latar belakang masalah yang mendasari penelitian ini. Hal ini disebabkan karena guru belum menggunakan media pembelajaran yang tepat dan guru hanya menjelaskan materi secara konvensinal jadi tujuan pembelajaran sulit untuk dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media Flash Cards dapat meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Negeri Purut I. Kemudian yang kedua untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca Bahasa Indonesia melalui penerapan media <em>Flash Card</em> pada siswa kelas I SD Negeri Purut I. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pembelajaran di lakukan dengan 2 siklus selama 4 kali pertemuan setiap siklus memiliki tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi untuk mengamati keaktifan siswa, observasi aktivitas guru, <em>Pre-Test </em>dan<em> Post-Test</em> untuk mengetahui kemampuan membaca siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut, hasil <em>Post-Test</em> siklus I yang diikuti oleh 20 siswa ada 10 siswa atau 50% yang telah mencapai ketuntasan sedangkan pada siklus II ada 18 siswa atau 90% yang telah mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dipaparkan serta hasil analisis data maka perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan peneliti sudah menujukkan keberhasilan. maka dapat disimpulkan sebagai berikut penerapan media <em>Flash Card</em> dapat meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Negeri Purut I Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo.</p> <p><strong>Kata Kunci :</strong> <em>Media Flash Card, Kemampuan Membaca.</em></p> Kartika Bayu Rahayu ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1872 Mon, 29 Jan 2024 00:00:00 +0000 PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN IPAS MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA SISWA KELAS V DI SDN MARON WETAN II KECAMATAN MARON https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1873 <p>Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penggunaan model pembelajaran TAI berbasis canva, 2) untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas V SDN MARON WETAN II Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo melalui model pembelajaran TAI berbasis canva. Metode penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 skilus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN MARON WETAN II yang berjumlah 23 siswa. Setelah data dikumpulkan, lalu dianalisis dengan menggunakan rumus presentase untuk mengethui peningkatan yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa belajar IPAS setelah diterapkannya metode TAI berbantu Canva. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari jumlah siswa yang aktif dalam proses kegiatan belajar dan mengajar di kelas sehingga rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I: 70,21, Siklus II: 86,65 (tuntas belajar) dengan ketentuan KKTP yang ditetapkan sekolah adalah 75.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> <em>Hasil Pembelajaran IPAS, Model Team Assisted Individualization, Media Pembelajaran Canva.</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> Imelia Rosita Dewi ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1873 Mon, 29 Jan 2024 00:00:00 +0000 PENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN 1 SAMPAI 10 MELALUI METODE DEMONSTRASI MEDIA COUNTING BOX SISWA KELAS 1 SD NEGERI PAJARAKAN KULON KECAMATAN PAJARAKAN KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2023/2024 https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1874 <p>Tujuan Penelitian ini :1) untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi media Counting Box dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas 1 materi penjumlahan bilangan 1-10 di SD Negeri Pajarakan Kulon 1 Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2023/2024. 2.) untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa kelas 1 terhadap materi penjumlahan bilangan 1-10 di SD Negeri Pajarakan Kulon 1 Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2023/2024. Metode Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan selama dua siklus,metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan pengamatan dan tes prosedur pelaksanaan perbaikan .Pembelajaran ini dilaksanakan dua siklus dengan tahapan per siklusnya adalah Planning (Perencanaan), Acting (Pelaksanaan), Observing (Pengamatan), Reflecting (Refleksi). Hasil peneltian diperoleh hasil sebagai berikut,hasil nilai tes akhir pada siklus pertama yang diikuti 13 siswa ada 7 siswa atau 58,4 % yang telah mencapau ketuntasan sedangkan pada siklus kedua ada 13 siswa atau 85,4 %.Berdasarkan analisa diatas maka perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan peneliti sudah menunjukkan keberhasilan.Berdasarkan hasil analisa ternyata metode demonstrasi media Counting Box dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran matematika tentang penjumlahan bilangan1-10 dengan ketentuan KKM yang ditetapkan oleh sekolah adalah 70.</p> <p><strong>&nbsp;</strong><strong>Kata Kunci :</strong> <em>Pola asuh orang tua, kepercayaan diri, fenomenologi.</em></p> Khoirul Ummah ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1874 Mon, 29 Jan 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN MEDIA RODA SUKU KATA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD BADRUT TAMAM https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1875 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya persentase hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I SD Badrut Tamam Probolinggo, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, pemilihan media pembelajaran yang tidak sesuai dengan kebutuhan belajar siswa, serta permbelajaran yang berpusat pada guru. Penelitian bertujuan untuk peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam perbaikan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Metode penelitian pada penelitian ini adalah&nbsp; Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu dengan mengumpulkan data yang terstruktur melalui instrumen pengukuran sistematis. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan metode statistik untuk menghasilkan angka-angka dan generalisasi. Penggunaan metode penelitian tindakan kelas akan memberikan hasil yang efektif dalam mengidentifikasi permasalahan yang terjadi didalam kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, dengan subjek penelitian siswa kelas I SD Badrut Tamam Kota Probolinggo yang berjumlah 25 siswa tahun pelajaran 2023/2024. Dari hasil penelitian yang dilakukan sebanyak 2 siklus, hasil belajar selalu meningkat. Pada tahap siklus I, persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 40% dan siklus II meningkat menjadi 75%. Pada siklus II, ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 75%, peningkatan hasil belajar terjadi karena peneliti memperbarui metode pembelajaran dan didukung oleh penggunaan media pembelajaran. Metode pembelajaran yang diterapkan yaitu media roda suku kata. Dari hasil penelitian dapat disimpulan bahwa dengan menggunakan media roda suku kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Badrut Tamam Kota Probolinggo pada materi bunyi dan pancaindra.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci :</strong> <em>Media roda suku kata, Hasil belajar.</em></p> Siti Rohma ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1875 Mon, 29 Jan 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN MODEL PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GADING KULON 02 KECAMATAN BANYUANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1876 <p>Hasil Observasi awal di SDN Gading Kulon 02 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo ditemukan bahwa pembelajaran IPA kelas V pada materi “Penyesuaian Hewan dan Tumbuhan terhadap Lingkungan” guru masih dilakukan secara konvensional. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pra tindakan yaitu 55 dan masih terdapat 19 siswa (90,5%) belum mencapai ketuntasan belajar individu yang telah ditetapkan yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PAIKEM di Kelas V SDN Gading Kulon 02 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo , (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Gading Kulon 02 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggrat, meliputi 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Gading Kulon 02 Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo&nbsp; dengan subyek siswa kelas V sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PAIKEM pada pembelajaran IPA siswa kelas V dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan setiap indikatornya telah mengalami peningkatan dari 92 dan meningkat menjadi 97. Hal ini terbukti dari dari rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya yaitu 77 pada siklus I meningkat menjadi 84 pada siklus II.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci :</strong> <em>model pembelajaran PAIKEM, hasil belajar IPA</em></p> Wasik Mansuri ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1876 Mon, 29 Jan 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS V SDN TISNONEGARAN 3 PROBOLINGGO https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1877 <p>Rendahnya minat membaca dan kemampuan berpikir kritis siswa mengakibatkan siswa cenderung memiliki kesulitan dalam memahami isi sebuah bacaan. Sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa kelas 5 SDN Tisnonegaran 3 Probolinggo. Dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi membaca siswa kelas V dengan mengimplementasikan model pembelajaran jigsaw di SDN Tisnonegaran 3 Probolinggo. Metode Penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan melakukan 2 siklus tahap pelaksanaan. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SDN Tisnonegaran 3 Probolinggo dengan jumlah 32 siswa. Adapun instrumen penelitian yang digunakan antara lain rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi, dan tes. Kriteria ketuntasan yang dikehendaki pada penelitian ini adalah hasil belajar mencapai skor nilai minimum 75, dengan prosentase 80% dari jumlah siswa. Temuan dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa pengimplementasian model pembelajaran jigsaw pada proses belajar literasi membaca siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus 1 yaitu 70.81. Sebanyak 14 siswa (43.75%) yang dinyatakan tuntas dan yang belum tuntas sebanyak 18 siswa (56.25%). Sedangkan perolehan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus 2 yaitu 80.06. Siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (84.38%) dan yang belum tuntas sebanyak 5 siswa (15.63%). Dengan demikian, setelah diadakan siklus 2 hasil belajar siswa meningkat sebesar 40.63%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa kelas V SDN Tisnonegaran 3 Probolinggo.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> Yuyun Zulianingsih ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1877 Mon, 29 Jan 2024 00:00:00 +0000 UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI KONDUKTOR DAN ISOLATOR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1878 <p>Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian tindakan Kelas&nbsp; atau <em>School Action Research (SAR)</em>. Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan&nbsp; bersama-sama peneliti guru pengamat mulai dari&nbsp; proses perencanaan tidakan observasi dan refleksi. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA pada Materi Konduktor dan Isolator Dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan jumlah sampel semua siswa kelas VI sebanyak 47 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument kegiatan guru,instrumen kegiatan siswa, serta instrument indicator keberhasilan pencapaian kompetensi hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa,aktivitas kegiatan mengajar guru (peneliti) dan peningkatan hasil belajar siswa.</p> <p><em>Kata Kunci : Prestasi belajar,kondoktor,Isolator koperatif,TAI</em></p> Martiana Widajati ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1878 Mon, 29 Jan 2024 00:00:00 +0000 STRATEGI INOVATIF DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1879 <p><em>Bullying</em> merupakan perilaku menyimpang atau tindak kekerasan yang kerap terjadi dikalangan siswa, termasuk siswa sekolah menengah kejuruan (SMK/SMA/MA dan sederajat).&nbsp; &nbsp;Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berfokus dalam konteks sosial. Sasaran penelitian adalah peseta didik SMK Negeri 2 situbondo. Pertama, melakukan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara .Kedua, melakukan&nbsp; observasi mengamati, merekam perilaku dan situasi yang relevan dengan penelitian. Ketiga, studi pengumpulan data dari dokumen seperti catatan, laporan, surat kabar, buku, atau arsip lainnya yang relevan dengan penelitian. Keempat, fokus pada kelompok melalui data yang dikumpulkan dengan mendiskusikan topik tertentu dalam kelompok kecil dan responden yang memiliki pengalaman atau keahlian yang relevan. Kelima, teknik analisis data yang dilakukan dengan transkripsi data menjadi teks tertulis, pengkodean (data yang telah di-transkripsi atau dikumpulkan dari sumber lain dibagi menjadi unit kecil dan diberi kode berdasarkan tema atau konsep tertentu yang muncul dari data).Terakhir, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, terdapat saran bagi orang tua dan tenaga pendidik.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata kunci: <em>bullying,</em> motivasi, minat belajar, peserta didik</p> Siti Nur Komariyatul. H, Niken Pundri Selvianda, Khozamah Khozamah, Iva Datul Hasanah, Miftahus Surur ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1879 Mon, 29 Jan 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN MEDIA KANSTICK (KANTONG STICK) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SD NEGERI BESUK AGUNG KABUPATEN PROBOLINGGO https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1882 <p>Tujuan penelitian ini agar siswa tidak melupakan materi pelajaran yang telah diterimanya agar siswa nantinya siap menghadapi ujian kenaikan kelas yang siap atau tidak siap harus mereka hadapi. Bagaimanakah membuat suatu materi ajar agar tidak terlupakan oleh anak didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan materi pelajaran yang telah diterima oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Besuk Agung. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,38%), siklus II (76,92%), Simpulan dari penelitian ini adalah gabungan metode ceramah dan metode pengajaran autentik dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SD Negeri Besuk Agung serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Matematika.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> prestasi <em>belajar, media kanstick.</em></p> Rudi Hartono ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1882 Mon, 29 Jan 2024 00:00:00 +0000