UJI BEBERAPA KONSENTRASI EKSTRAK BIJI DAN DAUN MIMBA ( Azadirachta indica L ) TERHADAP KEMATIAN DAN PERKEMBANGAN LARVA ULAT GRAYAK (Spodoptera exigua Hbn)

  • Moch. Su’ud
  • Ida Sugeng Suyani
  • Achmad Maulana

Abstract

               Spodoptera exigua Hbn merupakan hama tanaman bawang merah koloni ulat kecil-kecil membuat lubang pada daun, kemudian merusak jaringan vasikuler dan masuk ke pipa daun sambil memangsa daging daunsebelah dalam. Daun bawang merah tampak bercak putih memanjang seperti membran, kemudian layu, berlubang, dan didekat lubang tersebut terdapat kotoran ulat. Pada saat ini usaha pencegahan dan penanggulangan kerusakan tanaman karena Spodoptera exigua khususnya masih banyak dilakukan dengan insektisida sintetis, penggunaan insektisida organik yang lebih aman masih jarang digunakan, misalnya ekstrak biji mimba dan ekstrak daun mimba. Selama ini tanaman mimba tidak diusahakan hanya sebagai tanaman peneduh, maka dari itu perlu dilakukan penelitian untuk melihat adanya pengaruh beberapa konsentrasi ekstrak biji dan daun mimba (Azadirachta indica L.) terhadap kematian dan perkembangan larva Spodoptera exigua Hbn.

   Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas bagian tanaman mimba (biji dan daun) terhadap kematian dan perkembangan larva Spodoptera exigua Hbn. Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial yang terdiri dari dua faktor dan masing-masing diulang 3 kali. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di Laboratorium Pertanian Universitas Panca Marga Kabupaten Probolinggo pada bulan Januari 2016 sampai dengan bulan April 2016. Populasi Spodoptera exigua Hbn dari hasil pembiakan masal. Jumlah sampel 180 larva instar 3 dengan rincian 150 larva sebagai perlakuan dan 30 larva sebagai kontrol.

Analisa data menggunakan analisa probit dan uji lanjut dengan BNJ 5%. Hasil analisa probit menunjukkan kemampuan untuk membunuh 50% populasi Spodoptera exigua Hbn untuk ekstrak biji membutuhkan 48,732 g/l sedangkan untuk ekstrak daun membutuhkan 107,363 g/l. Dan untuk waktu membunuh 50% populasi hama Spodoptera exigua Hbn untuk ekstrak biji konsentrasi 100% mempunyai waktu tersingkat yaitu 2 jam 25 menit sedangkan konsentrasi ekstrak daun 100% membutuhkan waktu 3 jam 46 menit. Pengaruh ekstrak biji dan daun mimba terbawa sampai kegenerasi kedua, sehingga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan larva, pupa, imago, dan juga jumlah telur serta daya tetasnya.

 

Kata kunci : biji mimba, daun mimba, ulat grayak

Published
2019-08-14