Evaluasi Antarmuka Website Tokopedia menggunakan Metode Heuristic

  • Khoirul Islam Magister Teknik Informatika, Universitas Amikom, Yogyakarta
  • Dewi Agushinta Rahayu Prodi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadharma, Depok

Abstract

E-commerce akhir-akhir ini sangat marak di dunia khususnya di Indonesia sendiri, dengan munculnya banyak perusahaan yang menawarkan produknya di dalam website. Website E-commerce harus memudahkan konsumen dan juga selalu diperbarui sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dengan pertumbuhan E-commerce yang sangat pesat maka sangat penting untuk mengetahui bagaimana interaksi antara manusia dan komputer pada website E-commerce tersebut. Dalam penelitian ini evaluasi dilakukan menggunakan metode heuristic. Heuristic sendiri merupakan metode evaluasi yang digunakan untuk menemukan kesalahan pada desain antarmuka. Metode heuristic digunakan karena dalam metode-metode ini memiliki indikator-indikator yang dapat mempermudahkan dalam proses analisis.. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah antarmuka Website Tokopedia sesuai dengan kebutuhan pengguna  yaitu konsumen. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan 3 permasalahan pada 3 aspek yaitu Visibility of system status, Match between system and the real world dan Help and documentation .
Kata Kunci : E-Commerce, Evaluasi Website, Heuristic, Interaksi Manusia dan Komputer, Tokopedia

Published
2018-05-20