Aplikasi Penilaian Kinerja Dosen Di Program Studi Teknik Elektro Universitas Panca Marga Dengan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)

  • Septian Adi Cahyono Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Panca Marga
  • Dwi Prananto Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Panca Marga
  • Misdiyanto M Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Panca Marga

Abstract

Universitas Panca Marga merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang selalu berupaya meningkatkan mutu internal. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan penilaian terhadap kinerja dosen di setiap program studi dan fakultas. Dalam proses penilaian kinerja dosen ini perlu sebuah sistem yang dapat melakukan penilaian secara objektif terhadap kinerja dosen. Sistem pendukung keputusan (SPK) dengan metode Analytic Hierarchy Process (AHP), yang berperan mengambil keputusan multi kriteria dalam masalah yang kompleks, dapat dimanfaatkan dalam penilaian kinerja dosen. Dalam tugas akhir ini dirancang dan dikembangkan sebuah sistem penilaian kinerja dosen dengan menerapkan metode AHP. Kriteria-kriteria yang digunakan dalam penilaian kinerja dosen mengacu pada bidang pengajaran yaitu; pedagogik, profesional, sosial, kepribadian dan jumlah Mata Kuliah yang diampu (JMK). Pada tahap awal dilakukan perhitungan bobot pada tiap kriteria menggunakan kuesioner pembanding berpasangan. Hasil perhitungan bobot masing-masing kriteria adalah 0,3516 untuk pedagogik, 0,3109 untuk profesional, 0,1450 untuk sosial, 0,1311 untuk kepribadian dan 0,0534 untuk JMK. Selanjutnya dilakukan perhitungan antar bobot kriteria dengan bobot alternatif. Hasil dari perhitungan tersebut diolah sehingga didapat nilai akhir dari masing-masing dosen.
Kata Kunci : Penilaian Kinerja Dosen, Sistem Pendukung Keputusan, Analytic Hierarchy Process (AHP)

Published
2015-11-20
How to Cite
Cahyono, S., Prananto, D., & M, M. (2015). Aplikasi Penilaian Kinerja Dosen Di Program Studi Teknik Elektro Universitas Panca Marga Dengan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP). ENERGY, 5(2), 21 - 26. Retrieved from https://ejournal.upm.ac.id/index.php/energy/article/view/160