Penerapan Algoritma K-Means dan Cure Dalam Menganalisa Pola Perubahan Belanja Dari Retail ke E-Commerce
Abstract
Pola-pola perubahan dunia pastilah terjadi, tidak menutup kemungkinan terjadinya sebuha pola perubahan masyarakat dalam melakukan proses transaksi jual beli. Seiring perkembangan zaman dan didorong dengan munculnya perkembangan teknologi yang menyebar ke seluruh lapisan masyarakat, maka telah terjadi perubahan pola belanja masyarakat yang sebelumnya melakukan belanja hanya di ritel atau toko kelontong, dengan adanya teknologi dan website e-commerce maka masyarakat melakukan belanja dengan mengunakan e-commerce. Terjadi pola perubahan tersebut akan disertai degan beberapa faktor-faktor pendukung yang mengubahnya, baik itu secara social, ekonomi, psikologi, ataupun perilaku masyarakat itu sendiri. Faktor-faktor tersebut perlu dilakukan sebuah pengelompokan agar dapat diketahui faktor apa yang merupakan pendorong terjadinya perubahan tersebut, sehingga didapatkan sebuah informasi guna menentukan strategi penjualan yang lebih baik. Proses pengelompokan tersebut dapat menggunakan teknik dari data mining yakni dengan algoritma K-means dan Clustering Representative (CURE). Dengan algoritma k-means yang mudah dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi, ditunjang dengan algoritma CURE yang memi liki akurasi dalam pengolahan data yang besar maka, diharapkan memberikan sebuah keluaran yang akurat dan sesuai dengan tujuan penelitian ini.
Kata Kunci : E-commerce, Ritel, Algoritma K-means, Algoritma CURE.