Profil Aktivitas Belajar dan Peningkatan Kemampuan Penguasaan Konsep Mahasiswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Multimedia Pada Mata Kuliah Mesin-Mesin Fluida

  • Lailatul Nuraini Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Panca Marga

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan penguasaan konsep dan mendapatkan gambaran profil aktivitas belajar mahasiswa. Oleh karena itu, sebagai solusi diperlukan adanya penerapan pembelajaran yang melibatkan mahasiswa aktif belajar guna meningkatkan penguasaan konsep. Pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa yaitu menggunakan pembelajaran kooperatif yang dipadukan dengan bantuan multimedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan mendapatkan gambaran profil aktivitas belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest posttest pada mahasiswa Teknik Mesin Universitas Panca Marga tahun ajaran 2014-2015 sebanyak 24 mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah mesin-mesin fluida. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan penguasaan konsep mahasiswa berada dalam kategori sedang dengan N-gain sebesar 0,31. Profil aktivitas belajar mahasiswa meliputi aktivitas visual, oral, mendengarkan, menulis, menggambar, mental, dan emosional menunjukkan hasil yang lebih baik secara klasikal.
Kata kunci: kooperatif, penguasaan konsep, aktivitas belajar, mesin fluida

Published
2019-05-20