Rancang Bangun Sistem Informasi Surat Perintah Perjalanan Dinas

  • Saprina Mamase Program Studi Teknik Informatika Politeknik Gorontalo

Abstract

Pengelolaan surat terutama Surat Perintah Perjalanan Dinas atau SPPD sangat penting bagi tiap perusahaan atau instansi pemerintahan. SPPD merupakan surat pengantar yang dibuat ketika pegawainya akan melakukan perjalanan dinas ke kota tertentu. Proses pembuatan SPPD secara manual, masih menggunakan aplikasi Microsoft Word dimana harus dilakukan pengeditan setiap kali akan melakukan perjalanan dinas. Selain itu pembuat SPPD harus mencari data setiap pegawai yang akan melakukan perjalanan dinas pada Microsoft Excel.Dalam pembuatan SPPD yang ada saat ini ditemui banyak kekurangan-kekurangan yang harus dihadapi seperti terjadinya kesalahan – kesalahan pengetikan dalam menginputkan data sehingga pembuatan SPPD dilakukan berulang – ulang, dan juga pencarian data pegawai yang diusulkan dan pegawai pemberi tugas dalam pembuatan SPPD belum dilakukan secara otomatis sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. Penerapan suatu Sistem Informasi SPPD di suatu instansi pemerintahan (dengan studi kasus di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gorontalo ) terbukti dapat memberikan pelayanan yang lebih mudah dan cepat dalam pembuatan surat perjalanan dinas.
Kata Kunci : Sistem Informasi, Surat Perintah Perjalanan Dinas

Published
2016-11-20