Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Pendaftaran Online Kejuaraan Olahraga Berbasis Web Framework Laravel Dan Android (Studi Kasus KONI Kota Probolinggo)

  • Dyah Ariyanti Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Panca Marga
  • Syura Utama Putra Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Panca Marga
  • Dwi Putri Kartini Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Panca Marga

Abstract

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang olahraga. Setiap 2 tahun sekali, KONI Kota Probolinggo mengadakan kegiatan Pekan Olahraga Kota (PORKOTA) yang dikhususkan untuk para pelajar SD/MI dan SMP/MTs. Dalam proses pendaftaran peserta PORKOTA saat ini masih dilakukan secara manual yang menyebabkan proses pendaftaran banyak terjadi kesalahan dan memerlukan waktu yang lebih lama. Seiring dengan berkembangan teknologi yang semakin maju, maka diperlukan sebuah sistem pendaftaran secara online untuk mempermudah proses pendaftaran dan mencegah adanya kesalahan yang terjadi. Aplikasi pendaftaran PORKOTA terdiri dari aplikasi web dan android. Aplikasi android digunakan oleh pihak sekolah untuk melakukan pendaftaran dan aplikasi web digunakan oleh pihak KONI untuk melakukan perubahan data, hapus data dan cetak data. Rancangan sistem proses pendaftaran PORKOTA digambarkan dalam Unified Modelling Language (UML). Kemudian mengembangkan sebuah aplikasi berbasis client server menggunakan web dan android dengan metode System Development Life Cycle (SDLC) sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya aplikasi pendaftaran online PORKOTA berbasis client server menggunakan web dan android. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu pihak sekolah dan pihak KONI Kota Probolinggo dalam memudahkan proses pendaftaran PORKOTA.

Published
2021-11-20