Implemintasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS ) Kepada Perusahaan Yang Mempekerjakan Pegawainya

  • Edy Sumarno Fakultas Hukum, Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Endang Irawati Alumni Fakultas Hukum Universitas Panca Marga Probolinggo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perusahaan bisa mengikutkan  karyawannya  kepada program BPJS Ketenagakerjaan dalam ketentuannya dan seberapa banyak manfaat yang dapat diberikan oleh program BPJS kepada karyawan di perusahaan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Terhadap program BPJS sebagai hak karyawan, perusahaan wajib mengikutsertaan karyawan dalam BPJS dan terus berjalan, terlaksana tanpa memilah milah stautus dan kedudukan karyawan dalam perusahaan. Karyawan  yang bekerja diperusahaan tersebut hendaknya bekerja dengan baik, meliputi kedisiplinannya, tanggyng jawawabnya dalam melaksanakan perkerjaannya sehingga, selama bekerja di perusahaan tersebut yang bersangkutan dapat menikmati hasil jerih payahnya, berupa gaji dan tunjangan hari tuanya  bersama keluarganya, Jaminan program BPJS sebagai sarana yang bisa digunakan apabila ada keadaan yang mungkin terjadi bila dirinya sakit, masa tua dan lain-lain..

Kata  Kunci  : BPJS, Perusahaan, Tenaga Kerja

Published
2021-01-06
How to Cite
Sumarno, E., & Irawati, E. (2021). Implemintasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS ) Kepada Perusahaan Yang Mempekerjakan Pegawainya. IUS : Jurnal Ilmiah Fakultas Hukum, 6(2), 18-31. https://doi.org/10.51747/ius.v6i2.653

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.