Analisis Value Chain Dan Economic Value Added Jamur Tiram Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Mahkota Jamur Kraksaan Probolinggo

  • Dewi Shinta Universitas Panca Marga
  • Judi Suharsono Universitas Panca Marga
  • Elok Dwi Vidiyastutik Universitas Panca Marga
Keywords: Value Chain, Economic Value Added, Penjualan

Abstract

Penelitian dilakukan di Mahkota Jamur Kraksaan probolinggo dengan tujuan menganalisis Value Chain Dan Economic Value Added Jamur Tiram Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Mahkota Jamur Kraksaan Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan variabel Value Chain, Economic Value Added, Penjualan. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Yang digunakan untuk sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan khususnya laba bersih, pajak, dan beban modal yang terdapat pada Mahkota Jamur Kraksaan Probolinggo pada tahun 2016-2018. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas utamanya dimulai dari inbound logistic yaitu biaya tenaga kerja tidak langsung dan biaya angkut pembelian, operation yaitu tenaga kerja langsung dan biaya bahan penolong, outbound logistic yaitu pemasaran, marketing/sales yaitu biaya iklan, service yaitu biaya retur penjualan. Laba operasi bersih setelah pajak atau NOPAT tahun 2016 yaitu 316.859.796, NOPAT tahun 2017 yaitu 238.544.804, NOPAT tahun 2018 yaitu 476.671.437. Beban modal atau Chapital Charge tahun 2016 yaitu 272.446.015, Chapital Charge tahun 2017 yaitu 214.681.114, Chapital Charge tahun 2018 yaitu 424.771.148. Sehingga untuk mendapatkan EVA adalah NOPAT dikurangi Chapital Charge dan Nopat harus lebih besar dari Chapital Charge agar Nilai Tambah Ekonomis bernilai positif. Nilai Tambah Ekonomis tahun 2016 yaitu 44.413.781, Nilai Tambah Ekonomis tahun 2017 yaitu 23.863.689, Nilai Tambah Ekonomis tahun 2018 yaitu 51.900.289. Total penjualan Mahkota Jamur pada tahun 2016 sebesar 30.270 Kg, penjualan tahun 2017 sebesar 28.961 Kg, penjualan tahun 2018 sebesar 42.942 Kg

References

Arikunto,Suharsimi.2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Rineka Cipta
Blocher, Stout, dkk. 2014. Manajemen Biaya. Jakarta:Salemba Empat
Boga,Andri Kuntoro. 2013. Analisis Rantai Pasok Dan Rantai Nilai Bunga Krisaran Di Daerah Sentra Pengembangan Jawa Timur. SEPA. Vol 10 No 1. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur
David,Fred R dan David,Forest R.2017.Manajemen Strategik.Jakarta:Salemba Empat
Haris,Abdul.2016.Manajemen Pemasaran.Malang:Surya Pena Gemilang
Hunger,J David dan Wheelen,Thomas L. 2011. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi
Irianto,Heru dan Widiyanti Emy. 2013. Analisis Value Chain Dan Efesiensi Pemasaran Agribisnis Jamur Kuping Di Kabupaten Karanganyar. SEPA. Vol 9 No 2. Universitas Sebelas Maret
Kandou,Safitri cici. 2014. Penerapan Analisis Value Chain Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi. Vol 3 No 3. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
Kotler dan Keller. 2018. Manajemen Pemasaran. PT Gelora Aksara Pratama
Manap,Abdul H. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media
Mangifera,Liana. 2015. Analisis Rantai Nilai (Value Chain) Pada Produk Batik Tulis Di Saurakarta. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol 19 No 1.Universitas Muhammadiyah Surakarta
Mowen,Hasen. 2013. Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat
Nafis, R. W., & Sutrisno, S. (2019). The effect of tourism attractiveness and destination image on revisit intention through tourist satisfaction (Study on domestic tourists of Mount Bromo, Malang, East Java). European Journal of Business and Management, 11(11), 92-97.
Rachmat. 2014. Manajemen Strategik. Bandung: CV Pustaka Setia
Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Erlangga
Sugiyono.2015.Metode Penelitian Kuantitatif,kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta
Sukmadinata,Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Sumarsan,Thomas. 2010. Sistem Pengendalian Manajemen. Jakarta Barat: Indeks
Suripto.2015.Manajemen Keuangan.Graha ilmu
Sunyoto.2011.Metode Penelitian Ekonomi.CPAS
Widharta dan Sugiharto. 2013. Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka MeningkatkanPenjualan Toko Damai. Jurnal Manajemen Pemasaran.Vol 2 No 1.Universitas Kristen Petra
Witjaksono,Julian. 2017. Kajian Rantai Nilai Dan Analisis Nilai Tambah Jagung (Studi Kasus Di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara). Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI). Vol 22. ISSN: 0853-4217
Published
2023-02-28
How to Cite
Shinta, D., Suharsono, J., & Vidiyastutik, E. (2023). Analisis Value Chain Dan Economic Value Added Jamur Tiram Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Mahkota Jamur Kraksaan Probolinggo. JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(1), 51-60. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i1.1316

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2