Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Susu SGM di Supermarket Sinar Terang Probolinggo)

  • Ahmad Gozi Universitas Panca Marga
  • Mutinda Teguh Widayanto Universitas Panca Marga
  • Yayuk Indah Wahyuning Tyas Universitas Panca Marga
Keywords: Lokasi, Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Supermarket Sinar Terang akan semakin berkembang secara maksimal jika faktor-faktornya terpenuhi dengan baik. Salah satu faktornya ialah lokasi yang strategis, harga produk yang terjangkau dan pelayanan yang lebih terhadap konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian pada Supermarket Sinar Terang Probolinggo. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh antara lokasi, harga dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian serta kualitasa pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Abu Bakar. 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Aprileny, Imelda, Inka Imalia, and Jayanti Apri Emarawati. 2020. “Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian.” Ikraith Ekonomika 4(3):243–52.
Aurelia, Nadia, Supriadi Thalib, and Aulia Keiko Hubbansyah. 2022. “Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Beruang BEARBRAND Pada Saat Pandemi Covid-19 (Studi Empiris Pada Pelanggan Marketplace Shopee Di Desa Sindangagung Kuningan Jawa Barat).” Jimp 2(1):53–69.
imam ghozali. 2020. Aplikasi Analisis Multivarite. semarang: universitas diponegoro.
Indrasari. 2019. No Title. surabaya: unitomo press.
Kelvinia, Kelvinia, M. Umar Maya Putra, and Nasrul Efendi. 2021. “Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil 11(2):85–98. doi: 10.55601/jwem.v11i2.795.
Lokasi, Pengaruh, D. A. N. Kualitas, Pelayanan Terhadap, Pamulang Di, and Tangerang Selatan. 2022. “KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PASAR SWADAYA.” 2.
Mendrofa, Kurniat Hati., and Yossi Hendriati. 2022. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Tv Berlangganan Transvision Di Kota Batam.” Rekaman: Riset Ekonomi Bidang … 6(1):24–32.
Nuraini, Firda, and Ivo Novitaningtyas. 2022. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Gacoan.” Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & Sumber Daya Manusia.
Nursaidah. 2022. “Pengaruh Lokasi, Harga, Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di UD Adam Jaya." Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi.” Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi.
priyatno. 2018. Spss. yogyakarta: cv. andi offeset.
Putri, Carla Mediana Irawati. 2018. “Pengaruh Promosi Online Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Bitkom Research 63(2):1–3. doi: 10.19184/jpe.v17i1.39093.
sugiono. 2020. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
sujarweni. 2019. Metode Penelitian. yogyakarta: pustaka baru press.
Wardana, Egho Prastya, Mohammad Yahya Arief, and Randika Fandiyanto. 2022. “Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Produk Dalam Menentukan Keputusan Pembelian Dengan Mediasi Minat Beli Terhadap Showroommahmud Motor Di Kabupaten Situbondo.” Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME) 1(3):631–46.
Published
2023-10-28
How to Cite
Gozi, A., Widayanto, M., & Wahyuning Tyas, Y. (2023). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Susu SGM di Supermarket Sinar Terang Probolinggo). JUMAD : Journal Management, Accounting, & Digital Business, 1(5), 691-700. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i5.1462

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2