Dampak Kualitas Produk, Harga Produk, dan Lokasi Usaha terhadap Kepuasan Konsumen dalam Produksi Benih Tanaman Pangan
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Tempat terhadap Kepuasan Konsumen UPT Produksi Benih Tanaman Pangan Paiton Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan produk benih padi dari UPT Produksi Benih Tanaman Pangan Paiton Probolinggo. Sampelnya yang digunakan dengan cara non probability sampling yang berjumlah 40 responden dengan penentuan setiap variabel dikalikan 10. Data yang dibutuhkan berupa Primer berupa kuesioner yang diperoleh peneliti melalui wawancara langsung kepada responden dan data sekunder dalam penelitian sekunder pada penelitian ini berupa jurnal, buku-buku, laporan – laporan. Data tersebut dianalisis menggunakan statistik berupa uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis dan dalam pengolahannya menggunakan Statistical Packages for Social Science (SPSS). Berdasarkan pada hasil uji hipotesis Uji Simultan (Uji F) bahwa: kualitas produk, harga dan tempat secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen dengan Fhitung sebesar 8,759 > Ftabel yaitu 2,87. (Uji-t) yang telah dilakukan dengan tingkat signifikansi sebesar 5% dapat disimpulkan bahwa 1) Kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan dengan nilai signifikan 0,040 < 0,05 dan nilai thitung >ttabel yaitu 2,135 > 2,028. 2) Harga tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai signifikan 0,840 < 0,05 dan nilai thitung < -ttabel yaitu -0,203 < 2,028. 3) Tempat berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai signifikan 0,049 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu 2,034 > 2,028.