Aksesibilitas dan Fasilitas Wisata Berperan penting terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pengunjung Wisata
Abstract
Penelitian ini dilakukan terhadap BJBR Probolinggo dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung Aksesibilitas terhadap loyalitas pengunjung, pengaruh langsung Aksesibilitas terhadap kepuasan pengunjung, pengaruh langsung fasilitas terhadap loyalitas pengunjung, pengaruh langsung fasilitas terhadap kepuasan pengunjung, pengaruh langsung kepuasan pengunjung terhadap loyalitas pengunjung, pengaruh tidak langsung Aksesibilitas terhadap loyalitas pengunjung melalui kepuasan pengunjung dan pengaruh tidak langsung fasilitas terhadap loyalitas pengunjung melalui kepuasan pengunjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasinya adalah pengunjung yang sedang berkunjung di objek wisata BJBR Probolinggo dengan sampel sebanyak 73 responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan Aksesibilitas berpengaruh langsung terhadap loyalitas pengunjung, Aksesibilitas berpengaruh langsung terhadap kepuasan pengunjung, fasilitas berpengaruh langsung terhadap loyalitas pengunjung, fasilitas berpengaruh langsung terhadap kepuasan pengunjung, kepuasan pengunjung berpengaruh langsung terhadap loyalitas pengunjung, Aksesibilitas berpengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pengunjung melalui kepuasan pengunjung, fasilitas tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas pengunjung melalui kepuasan pengunjung.
Kata Kunci : Aksesibilitas, Fasilitas, Kepuasan Pengunjung, Loyalitas Pengunjung, Variabel Intervening