PENERAPAN MODUL BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SEMPU
Abstract
Pendekatan saintifik merupakan proses pembelajaran yang memfokuskan peserta didik aktif mengkonstruksi konsep dengan tahapan mengamati, mengumpulkan data, menganalisis, menarik kesimpulan, mengkomunikasikan. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap critical thinking pada siswa club sains di SMP 7 Muhammadiyah Sempu. Jadi dapat dikatakan bahwa pendekatan saintifik mengharapkan peserta didik untuk melatih mengembangkan pola berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi, kemampuan untuk bekerja sama, pengamatan penyelidikan, hingga perilaku yang berkarakter. Oleh karena itu, pendekatan saintifik dapat digunakan untuk membantu tercapainya tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design dengan menggunakan dua kelas yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen akan mendapatkan metode pembelajaran probing prompting, sedangkan pada kelas kontrol akan mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran direct instruction.
Kata Kunci: Berpikir kritis, SMP, Pembelajaran