PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran guided inquiry terhadap motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini sampel diambil secara acak. Teknik pengumpulan data yaitu pemberian pre-test, post-test dan penyebaran angket untuk mengetahui motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar yang menggunakan metode pembelajaran guided inquiry lebih baik dari pada motivasi belajar yang menggunakan model pembelajaran metode ceramah. Tanggapan siswa terhadap metode jigsaw cukup baik dibandingkan dengan tanggapan siswa terhadap metode ceramah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran guided inquiry baik untuk menumbuhkan motivasi belajar dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran guided inquiry lebih aktif, kreatif dan bekerja sama dimana dalam proses pembelajaran tersebut. Saran dalam penelitian ini adalah untuk menumbuhkan motivasi belajar dalam mata pelajaran PPKn dapat menggunakan metode pembelajaran guided inquiry untuk menumbuhkan motivasi belajar, dimana dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan melatih kreativitas dalam diskusi.