MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN ISI TEKS CERITA ANAK DENGAN METODE COOPERATIF TERPADU (CIRC) PADA SISWA KELAS V SDN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Arik Endahyati

Abstract

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah   atau School Action Research (SAR). Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan  bersama-sama antara peneliti dan guru mulai dari  proses perencanaan tidakan observasi dan refleksi. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah Meningkatkan Keterampilan Menyimpulkan Isi Teks Cerita Anak dengan Metode Cooperatif  Terpadu (CIRC)  pada Siswa Kelas V SDN Gending II,Kecamatan Gending Dengan jumlah sampel semua siswa kelas V SDN Gending II  sebanyak 33 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument penelitian aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan juga instrument hasil pembelajaran yang berupa test kemudian dianalisis sesuai dengan indicator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan baik aktivitas guru maupun hasil belajar,  tentang Meningkatkan Keterampilan Menyimpulkan Isi Teks Cerita Anak dengan Metode Cooperatif  Terpadu (CIRC)  pada Siswa Kelas V SDN Gending II,Kecamatan Gending. Saran dalam penelitian ini adalah Agar dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan maka sebagai guru hendaknya pandai-pandai memilih metode dan strategi agar proses dan hasil belajar menjadi lebih maksimal

Published
2018-09-13