UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGENAL AKTIVITAS EKONOMI DAN POTENSI SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN GENDING II KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO

  • Reswi Djayani

Abstract

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian tindakan Kelas  atau School Action Research (SAR). Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan  bersama-sama peneliti guru pengamat mulai dari  proses perencanaan tidakan observasi dan refleksi. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat  dengan Metode Demonstrasi dan Media Mistar Bilangan pada Siswa Kelas IV SDN Gending II, Probolinggo. Dengan jumlah sampel dalam penelitian ini semua siswa kelas IV sebanyak 27  siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument kegiatan guru,instrumen kegiatan siswa, serta instrument indikator keberhasilan pencapaian kompetensi hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa,aktivitas kegiatan mengajar guru (peneliti) dan peningkatan hasil belajar siswa.

Published
2018-09-13