MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMAHAMI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN TINGKAT PUSAT DAN DAERAH MELALUI PEMBELAJARAN MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS V SDN MENTOR II KECAMATAN SUMBERASIH

  • Sri Nuriyah

Abstract

Artikel hasil penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimana peningkatan prestasi belajar PKn dengan diterapkannya pembelajaran kontekstual pengajaran Model Jigsaw   (b) Bagaimanakah pengaruh pembelajaran kontekstual pengajaran Model Jigsaw  terhadap motivasi belajar PKn. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah   : (a) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kontekstual dengan menggunakan Pembelajaran  Model Jigsaw . (b.) Mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar PKn setelah diterapkan pembelajaran kontekstual model pengajaran Model Jigsaw  . (c) Menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran.Setiap putaran terdiri dari 4 tahap, yaitu :rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2014 / 2015.Data yang diperolehberupahasiltesformatif, lembarobservasikegiatanbelajarmengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu ,siklus I (67,44%), siklus II (79,01%), siklus III (90,70%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif jenis jigsaw dapat berepengaruh positif terhadap prestasi dam motivasi belajar siswa Kelas V, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PKn.

Published
2018-09-13