UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG MENJELASKAN TERJADINYA GERHANA BULAN DAN GERHANA MATAHARI MELALUI MEODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VI SDN POHSANGIT LERES I KECAMATAN SUMBERASIH
Abstract
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian tindakan Kelas atau School Action Research (SAR). Penelitian tindakan memiliki karakteristik-karakteristik yang bersifat partisipatif. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif, artinya dilakukan bersama-sama peneliti guru pengamat mulai dari proses perencanaan tidakan observasi dan refleksi. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar tentang menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan matahari melalui metode picture and picture pada siswa kelas VI SDN Pohsangit leres I,Sumberasih” dengan jumlah sampel semua siswa kelas VI sebanyak 28 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dengan menggunakan instrument kegiatan guru,instrumen kegiatan siswa, serta instrument indicator keberhasilan pencapaian kompetensi hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa,aktivitas kegiatan mengajar guru (peneliti) dan peningkatan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar hendaknya memilih metode yang tepat seperti picture and picture agar hasil belajar dan kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik.