PROFIL EVALUASI PEMBELAJARAN PPKn KELAS II SD SE GUGUS I KECAMATAN KANIGARAN KOTA PROBOLINGGO

  • Ludfi Arya Wardana

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas II SD Se Gugus I Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo. Untuk mendeskripsikan masalah- masalah yang menjadi hambatan evaluasi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas II SD Se Gugus I Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo. Data dikumpulkan dengan analisis kuesioner dan observasi, dan dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah dalam hal pelaksanaan evaluasi pembelajaran di kelas 2 SD tidak berjalan tematik. Pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran saja berjalan tematik. Hal ini sangat bertolak belakang dengan kurikulum KTSP yang seharusnya pembelajaran di kelas rendah harus berjalan tematik.Dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran guru seharusnya memperhatikan domain hasil belajarnya (kognitif, afektif, dan psikomotor).Pada pelaksanaannya guru hanya menitikberatkan pada aspek kognitif siswa saja, sehingga aspek-aspek yang lain tidak terukur.

Published
2018-09-13