PENGARUH METODE CERAMAH DAN SARANA PRASARANA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PANCA MARGA PROBOLINGGO TAHUN AKADEMIK 2013-2014

  • Dewi Endah Fajariana

Abstract

Perubahan lingkungan yang dinamis menuntut organisasi untuk selalu menyesuaikan diri pada perubahan tersebut. Untuk itu, sebuah organisasi harus lebih progresif, mampu melakukan integrasi secara internal dengan melaksanakan penyempurnaan secara terus menerus sekaligus inovatif. Penopang keunggulan bersaing sebuah organisasi adalah keunggulannya dalam belajar sebagai proses yang mendasari dan melahirkan perubahan. Pendidikan pada setiap jenjang sebagai suatu subsistem pendidikan nasional merupakan faktor kunci dan memiliki peran yang sangat strategis dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh metode ceramah dan sarana prasarana secara parsial terhadap prestasi belajar, (2) pengaruh metode ceramah dan sarana prasarana secara simultan terhadap prestasi belajar pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Panca Marga Probolinggo.

Penelitian ini menggunakan regresi berganda untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh dari variabel metode ceramah dan sarana prasarana secara simultan dan parsial terhadap prestasi belajar dengan populasi 56 mahasiswa digunakan semua untuk sampel, sehingga jenis sampelnya bernama sampel jenuh. Analisis model summary angka R sebesar 0.138 menunjukkan bahwa korelasi atau hubungan antara Prestasi Belajar dengan variabel independennya adalah tidak kuat. Definisi “kuat” karena angka di atas 0,5. Angka R2 atau Koefisien Determinasi adalah 0.019 (berasal dari 0,138 x 0,138). Hal ini berarti 1,9% variasi dari ceramah dan sarana prasarana bisa dijelaskan oleh variasi dari variabel independen sedangkan sisanya (100%-1,9% = 98,1%) dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar model penelitian ini.

Published
2018-09-13