PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN MALASAN WETAN 1 KABUPATEN PROBOLINGGO
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh PBM terhadap Keterampilan Proses IPA siswa Kelas V SDN Malasan Wetan 1 Probolinggo.Metode penelitian menggunakan eksperimen semu dengan kelas perlakuan PBM sebagai kelas eksperimen dan kelas konvensional sebagai kelas kontrol.Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data melalui lembar Observasi dan, instrumen berupa soal objektif untuk prestasi belajar IPA.Analisis penelitian menggunakan uji Anakova (Analisis Kovarian) yaitu pre tes sebagai kovariat.Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat dikemukakan kesimpulan sebagai berikut: Ada pengaruh PBM terhadap prestasi belajar IPA antara kelas yang menggunakan PBM dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN SDN Malasan Wetan 1 Probolinggo, terlihat dari nilai rata-rata kelas yang menggunakan PBM dari 60,62 menjadi 87,69 atau meningkat sebesar 27,07 sedangkan pada kelas konvensional perbedaan tidak terlalu signifikan yaitu dari nilai rata-rata 53,76 menjadi 65,28 atau meningkat sebesar 11,52.